Wednesday, January 30, 2013

Cara Menentukan arah antena VSAT ( Parabola )

Menjadi seorang teknisi VSAT harus memiliki pengetahuan tentang satelit.hal ini akan sangat berguna bila akan melakukan instalasi antena VSAT baru di lokasi yang baru pula. Pada saat instalasi akan muncul pertanyaan dalam benak kita "kemana antena seharusnya diarahkan supaya mendapatkan sinyal?", untuk menjawab pertanyaan tersebut hal pertama yang harus diketahui adalah koordinat satelit tujuan dan koordinat lokasi VSAT dipasang.

Satelit di angkasa memliki koordinat yang menunjukkan dimana lokasi satelit tersebu berada, begitu pula dengan suatu lokasi di permukaaan bumi ini juga memiliki koordinat.Tiap koordinat satelit dan lokasi dipermukaan bumi akan berbeda-beda meskipun perbedaanya hanya sedikit. salah satu contoh koordinat satelit yaitu Telkom 2 berada di 118E, Palapa C2 113E dan koordinat lokasi Makassar berada di latitude 05.10S dan longitude 119.20E.Koordinat lokasi bisa dilihat di peta ataupun yang lebih canggih yaitu google earth dan GPS,atau kalau tidak mau repot silahkan download di koordinat kota indonesia. Mungkin koordinat kota-kota di indonesia yang saya lampirkan tidak ada kota tempat anda berada saat ini,gunakan koordinat kota terdekat dengan posisi anda.
Setelah koordinat satelit dan koordinat lokasi VSAT diketahui, langkah selanjutnya menghitung kemana arah antena. Tidak perlu pusing bagaimana dan rumus apa yang digunakan, cukup gunakan software Satmaster anda hanya perlu memasukkan koordinat satelit dan koordinat lokasi VSAT,maka azimuth (arah antena), elevasi ( kemiringan antena) beserta polarizasi ( polar antena) akan muncul seketika. tinggal arahkan antena menggunakan kompas dan ukur kemiringan menggunakan inclinometer serta atur putar polar sesuai arah jarum jam mengikuti nilai polarisasi. Jangan lupa ya untuk tipe antena offset sudut elevasi di kurangi 22.5 derajat dan maksimalkan nilai pointing semampunya...
Download Software Satmaster

1.instal satmaster
2.Pada halaman utama klik File --> New --> Look Angles
3.cari nama kota lokasi di SITE dan koordinat satelit di SAT klik OK

4.Hasil perhitungan

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Tutorial VSAT, Parabola TV dan Teknologi Informatika - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger