Sunday, January 6, 2013

Mengenal Fungsi Satelit

          Saat ini pertukaran informasi dapat berlangsung dengan cepat. Berita dari belahan dunia lain dengan cepat bisa didapatkan menggunakan televise ataupun internet, juga berbicara lewat telepon dengan orang yang jaraknya ribuan kilometer.

                                                                Gambar. Satelit

         Hal tersebut menjadi mungkin karena adanya satelit yang ditempatkan di luar angkasa.Satelit adalah benda yang mengelilingi planet dengan periode revolusi dan rotasi tertentu dan memiliki orbit peredaran sendiri. Orbit  merupakan titik lintasan atau jalur peredaran satelit dalam mengelilingi sebuah planet. Dalam orbit terdapat dua istilah, yaitu apogee ( titik terjauh dengan bumi) dan perigee ( titik terdekat dengan bumi). Ada dua  jenis satelit yaitu satelit alami dan buatan. Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa alami (bukan buatan manusia) yang mengorbit pada sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya
.
        Salah satu contoh satelit alami yang dimiliki bumi adalah bulan. Adapun satelit buatan adalah benda buatan manusia yang diluncurkan ke luar angkasa dan beredar mengelilingi planet. Salah satu contoh satelit buatan yang dimiliki Indonesia adalah Satelit Palapa.

      Satelit buatan juga terdiri dari bermacam-macam jenis, tergantung dari fungsinya masing-masing. Contohnya satelit astronomi yang di gunakan untuk mengamati planet,galaksi dan benda luar angkasa liannya. Ada juga satelit komunikasi yang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Jenis lainnya adalah satelit pengamat bumi yang dirancang khusus untuk mengamati bumi seperti pengamatan lingkungan, meteorology, pembuatan peta, dan lain sebagainya. Selain itu ada satelit navigasi yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik di permukaan bumi seperti mengukur jarak antar bangunan, ada juga satelit mata-mata dan satelit cuaca untuk mengamati cuaca dan iklim di bumi. Sealin itu masih banyak lagi jeni-jenis satelit  buatan lainnya.
Sumber: Harian FAJAR, 30 Desember 2012 Hal 29

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Tutorial VSAT, Parabola TV dan Teknologi Informatika - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger